Predators_Malang

7 Langkah Mudah SEO Wordpress Untuk Pemula

Sebenarnya artikel tentang SEO sudah banyak sekali di tulis, tapi apa itu memudahkan bagi pemula dalam blogging? Hemm.. di sini saya berusaha merangkum 5 langkah dasar yang mudah bagi pemula untuk pengguna Wordpress (baik dari Wordpress.com maupun self-hosting). Sebelumnya saya akan bercerita sebentar, sudah banyak para blogger mania yang menggunakan CMS Wordpress untuk blognya, tapi tidak semua CMS ini di konfigurasi untuk akrab dengan search engine.
Sebelum saya lanjutkan, di sini saya berasumsi Anda atau pembaca telah mengerti cara dan telah menginstall Wordpress. Ok langsung saja, 7 langkah dasar SEO untuk pemula, yaitu :
1). Judul dan Tagline Blog. Setelah Anda menginstall Wordpress dan telah menentukan theme kesukaan Anda, langsung saja tanpa basa basi klik Options -> General, isi judul dan tagline blog Anda. Jika Anda menggunakan Wordpress.com settingan ini seharusnya sudah diberikan dari awal (pada bagian pendaftaran blog). Tagline di sini adalah keterangan singkat untuk blog sampeyan. Itu lho yang ada di bawah judul blog.
2). Update Services. Update serveices ini berguna untuk selalu mengupdate setiap postigan yang Anda buat dalam bentuk telah di post atau masih berbentuk draft. Wordpress akan melakukan ping ke url services yang ada dalam daftar. Apa kegunaan ini? Ini akan memudahkan orang misalkan di Technorati untuk menemukan posting terbaru Anda. Dimanakah daftar itu?. Oke klik Options-> tab Writing, lalu masukan daftar berikut ini ke dalam kotak box tersebut :
http://blogsearch.google.com/ping/RPC2
http://1470.net/api/ping
http://api.feedster.com/ping
http://api.feedster.com/ping.php
http://api.moreover.com/ping
http://api.moreover.com/RPC2
http://api.my.yahoo.com/RPC2
http://api.my.yahoo.com/rss/ping
http://bblog.com/ping.php
http://bitacoras.net/ping
http://blogdb.jp/xmlrpc
http://blog.goo.ne.jp/XMLRPC
http://blogsearch.google.com/ping/RPC2
http://blogmatcher.com/u.php
http://bulkfeeds.net/rpc
http://coreblog.org/ping/
http://mod-pubsub.org/kn_apps/blogchatt
https://phobos.apple.com/WebObjects/MZFinance.woa/wa/pingPodcast
http://ping.amagle.com/
http://ping.bitacoras.com
http://ping.bloggers.jp/rpc/
http://ping.blogmura.jp/rpc/
http://ping.blo.gs/
http://ping.cocolog-nifty.com/xmlrpc
http://pinger.blogflux.com/rpc/
http://ping.exblog.jp/xmlrpc
http://ping.feedburner.com
http://ping.myblog.jp
http://pingqueue.com/rpc/
http://ping.blogg.de/
http://ping.rootblog.com/rpc.php
http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php
http://ping.weblogalot.com/rpc.php
http://ping.weblogs.se/
http://rcs.datashed.net/RPC2/
http://rpc.blogbuzzmachine.com/RPC2
http://rpc.blogrolling.com/pinger/
http://rpc.britblog.com/
http://rpc.icerocket.com:10080/
http://rpc.newsgator.com/
http://rpc.pingomatic.com/
http://rpc.tailrank.com/feedburner/RPC2
http://rpc.technorati.com/rpc/ping
http://rpc.weblogs.com/RPC2
http://rpc.wpkeys.com/
http://services.newsgator.com/ngws/xmlrpcping.aspx
http://signup.alerts.msn.com/alerts-PREP/submitPingExtended.doz
http://topicexchange.com/RPC2
http://trackback.bakeinu.jp/bakeping.php
http://www.a2b.cc/setloc/bp.a2b
http://www.bitacoles.net/ping.php
http://www.blogdigger.com/RPC2
http://www.blogoole.com/ping/
http://www.blogoon.net/ping/
http://www.blogpeople.net/servlet/weblogUpdates
http://www.blogroots.com/tb_populi.blog?id=1
http://www.blogshares.com/rpc.php
http://www.blogsnow.com/ping
http://www.blogstreet.com/xrbin/xmlrpc.cgi
http://www.holycowdude.com/rpc/ping/
http://www.lasermemory.com/lsrpc/
http://www.imblogs.net/ping/
http://www.mod-pubsub.org/kn_apps/blogchatter/ping.php
http://www.newsisfree.com/RPCCloud
http://www.newsisfree.com/xmlrpctest.php
http://www.popdex.com/addsite.php
http://www.snipsnap.org/RPC2
http://www.weblogues.com/RPC/http://xmlrpc.blogg.de
Daftar service ini saya ambil dari blogohblog.com. kopi link services ini dan paste di box services Anda. Ini akan memakan koneksi Anda jika Anda melakukan posting, maka jika Anda tak ingin lama menunggu (pastinya) gunakan plugin No Ping Wait. Download di http://www.exwebjunkie.com/nopingwait2.zip.
3). Mengubah Tag Title dari Tema Wordpress. Saya ingatkan dulu, ini mengubah dari TEMA yang Anda PAKAI, ingat!. Jadi jika Anda mengganti tema lagi (mungkin bosan gitu) Anda harus melakukan edit title ini. Kenapa? Ini sebenarnya alasannya sama, karena tema-tema dari Wordpress maupun sumber lain biasanya (biasanya lho) belum di optimasikan untuk ramah dengan search engine. Langsung saja login ke dalam blog Anda lalu ke Appearance -> Editor, setelah muncul, klik bagian header.php. Ganti isi yang ada di antara <title> dan </title> dengan :
<?php if (is_home () ) { bloginfo(’name’); } elseif ( is_category() ) { single_cat_title(); echo ” – “; bloginfo(’name’); }
elseif (is_single() || is_page() ) { single_post_title(); } elseif (is_search() ) { bloginfo(’name’); echo ” search results: “;
echo wp_specialchars($s); } else { wp_title(”,true); } ?>
4). Menggunakan Meta Tags. Wordpress sendiri belum memberikan Anda meta tags, ya iyalah kan meta tag tergantung isi dari blog Anda. Kegunaan dari Meta Tag ini sendiri adalah untuk memudahkan search engine untuk lebih menyenangi blog Anda. Ok di sini saya anjurkan Anda menggunakan plugin yang sudah sangat sering di pakai banyak orang yaitu All in one SEO pack. Bisa Anda download di http://wp.uberdose.com/2007/03/24/all-in-one-seo-pack/. Upload dan install plugin ini!
5). PermalinkApa permalink ini? Langsung contoh aja ya.. missal http://blogku.com/?p=12&var123 hemm.. Anda suka dengan link seperti ini? Membingungkan seperti ini? Tidak kan? Begitu juga dengan search engine (SE), SE lebih suka dengan url seperti ini http://blogku.com/ceritak-lucu.html . Nah settingan default dari Wordpress-nya belum SE friendly. Bagaimana mengubahnya? Ok klik tab General-> Permalinks, klik radio button di Custom Structure, lalu masukan %postname%.html. Lalu save changes. Url posting Anda akan menjadi seperti http://blogku.com/ceritak-lucu.html.
6). Optimasi Keyword BlogTahap 6 ini perlu pendalaman yang lebih lanjut, karena ini membahas tentang keyword dari blog Anda, baik itu dari postingan maupun meta tag tadi.
Gunakan Keyword Suggestion Tool seperti http://freekeywords.wordtracker.com untuk mengoptimalkan keyword Anda. Masukan variasi kata, tapi yang masih berhubungan dengan tema blog Anda.
7). Plugin Social Bookmarking. Ya, ini adalah plugin untuk mem-Bookmark blog Anda. Jika ada pengujung yang berkunjunga dan senang dengan artikel-artikel Anda, maka seharusnya pengunjung tersebut mem-Bookmark artikel Anda. Gunaka plugin Addthis, download di situs resminya http://www.addthis.com. Setelah mendownload, upload dan install plugin tersebut. Ini akan memudahkan blog Anda di temukan oleh para pembaca.

0 komentar:

Artikel Terkait

ninja baloon

 
Predator_Malang
[ PREDATOR ] [ MALANG ]