Predators_Malang

U Comment I Follow, Backlink dan Pagerank

Dahulu saat masih bernaung di bawah bendera blogger saya mengubah rel nofollow untuk komentar dan trackbacks menjadi dofollow. Dan saat pertama pindah ke wordpress untuk menghargai teman-teman yang memberikan komentar pada setiap postingan, saya pun berbagi cerita dan salah satunya memasang plugin dofollow miliknya miss Lucia. Namun setelah mengalami masalah dengan theme yang saya gunakan semua plugins yang telah saya instal pun raib termasuk plugin dofollow.
Setelah bertemu mas Jauhari dan merasa cocok dengan themenya saya pun kembali menginstal beberapa plugin yang diantaranya plugin komentar dofollow dan kali ini miliknya Kimmo Suominen dan sekaligus saya ubah pula rel nofollow trackback menjadi dofollow untuk memberikan penghargaan pada rekan-rekan blogger; baik yang meninggalkan jejak dengan berkomentar maupun menyebarluaskan content blog ini atau sekedar memasang link pada salah satu postingan saya. Yang intinya semua komentar pada tiap postingan maupun trackback ataupun postingan yang menyertakan link pada salah satu postingan blog ini akan mendapatkan backlink sebagai link love saya untuk rekan-rekan blogger lainnya.

Apa Itu Backlink dan Apa Manfaatnya?

Backlink berarti tautan balik dari suatu web, blog atau halaman web/blog ke sebuah web, blog atau halaman web/blog lainnya dalam istilah technorati disebut authority yang dimanfaatkan untuk memonitor banyaknya backlink dari web/blog lain menuju blog kita, untuk memperbesar authority pada technorati maka kita bisa memperbanyak LinkExchange (bertukar link), hanya saja LinkExchange yang dihitung adalah TextLink bukan BannerLink. Namun perlu diingat bahwa authority pada technorati tidak terlalu mempengaruhi peringkat (pagerank) sebuah web/blog di mata google, authority hanya untuk memonitor kepopuleran atau seberapa berpengaruh sebuah web, blog atau halaman web/blog pada web, blog atau halaman web/blog lain yang efeknya lebih kepada traffic (untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung blog).
Manfaat backlink sendiri telah disebutkan di atas adalah untuk meningkatkan pengunjung atau yang biasa dikenal dengan sebutan traffic. Sedangkan untuk pagerank sendiri backlink tidak begitu mempengaruhi, terlalu banyak faktor serta variable untuk mendapatkan pagerank bagus (1-10) di mata google dan backlink bukanlah satu-satunya. Backlink akan mempengaruhi dan meningkatkan pagerank apabila backlink antara dua blog atau lebih mempunyai hubungan, kaitan atau ada kemiripan dalam segi contentnya dan backlink pada web/blog yang sudah memiliki pagerank lebih tinggi mempunyai nilai tersendiri plus umur dari web/blog juga mempengaruhi.
Meski begitu pengubahan nofollow menjadi dofollow bisa menjadikan jalan untuk saling mendukung dan bergandengan tangan sesama blogger.

Bagaimana Kita Mengetahui Blog dengan Komentar Dofollow?

Untuk mengetahui sebuah web/blog dengan platform komentar dofollow caranya cukup sederhana, buka postingan blog yang sudah ada komentar, kemudian blok salah satu komentar berikut link penulis komentarnya, klik kanan dan pilih View Selection Source jika Anda menggunakan browser firefox! Jika belum menggunakan firefox Klik Disini untuk mendownload terlebih dahulu. Lebih jelas perhatikan screenshot berikut,
View Selection Source
Setelah klik View Selection Source, akan keluar window baru DOM Source of Selection perhatikan kode html yang menyertai LINK KOMENTATOR saja! Contohnya beberapa komentar yang pernah saya tulis pada postingan blogger lain seperti berikut ini,
  1. <a href=”http://hakimtea.net” rel=”nofollow”>hakimtea</a> Says:
  2. <a href=”http://hakimtea.net” rel=”external nofollow”>hakimtea</a> Says:
  3. <a href=”http://hakimtea.net” rel=”external”>hakimtea</a> Says:
  4. <a href=”http://hakimtea.net”>hakimtea</a> Says:
  • Point pertama saya dapatkan pada komentar blogger.
  • Point kedua saya dapatkan pada komentar wordpress.
  • Point ketiga saya dapatkan pada komentar wordpress.
  • Point keempat saya dapatkan pada komentar blogger.
Pada point pertama dan kedua mengindikasikan bahwa komentar tersebut NOFOLLOW dengan kata lain Anda tidak mendapat backlink dari postingan blog yang Anda komentari.
Sedangkan pada point ketiga dan keempat merupakan komentar DOFOLLOW dengan kata lain Anda telah mendapat backlink dari blog tersebut.
  • rel=”nofollow” dan rel=”external nofollow” berarti: NOFOLLOW.
  • rel=”external” dan <a href=”URL”>Nama</a> berarti: DOFOLLOW.
Memang ada perbedaan antara Google, Yahoo dan MSN masalah penilaian ini. Google menilai antara rel=”nofollow” dan rel=”external nofollow” adalah sama NOFOLLOW, sedangkan Yahoo malah menilai lain bahwa kedua atribut tersebut dinilai sebagai backlink, lain lagi dengan MSN yang belum juga memastikan penilaiannya terhadap kedua atribut ini.

Bagaimana Mengubah Nofollow Menjadi Dofollow Pada WordPress dan Blogger?

Untuk wordpress telah ada plugin tersendiri untuk komentar U Comment I Follow berikut dengan trackbacks U Trackback I Follow, silahkan baca kembali pada paragraf awal postingan ini.
Dan untuk blogger Anda perlu sedikit mengubah susunan html pada edit HTML dashboard blogger Anda, caranya setelah Anda login dan klik layout >Edit Html >Centang dan cari tag HTML berikut ini (biasakan untuk membackup template Anda sebelum mengotak-atik Edit HTML),
<a expr:href=’data:comment.authorUrl’ rel=’nofollow’><data:comment.author/></a>
Jika Anda menggunakan browser firefox cara menemukan kode tersebut mudah saja, gunakan fasilitas Find dengan menekan Ctrl+F. Jika belum menggunakan firefox Klik Disini untuk mendownload terlebih dahulu.
Lalu pilih salah satu: [1] hilangkan rel=’nofollow’ atau [2] replace (ganti) bagian rel=’nofollow’ dengan rel=’external’ sehingga HTMLnya menjadi seperti di bawah ini,
<a expr:href='data:comment.authorUrl'><data:comment.author/></a>
Atau menjadi seperti berikut ini,
<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='external'><data:comment.author/></a>
Jika Anda ingin pula mengganti trackback menjadi Dofollow, caranya cari HTML berikut,
<a expr:href=’data:backlink.url’ rel=’nofollow’><data:backlink.title/></a>
Lalu pilih salah satu: [1] Hilangkan rel=’nofollow’ atau [2] replace (ganti) bagian rel=’nofollow’ dengan rel=’external’ sehingga HTMLnya menjadi seperti di bawah ini,
<a expr:href='data:backlink.url'><data:backlink.title/></a>
Atau menjadi seperti berikut ini,
<a expr:href='data:backlink.url' rel='external'><data:backlink.title/></a>
Demikian semoga bermanfaat!

0 komentar:

Artikel Terkait

ninja baloon

 
Predator_Malang
[ PREDATOR ] [ MALANG ]