Predators_Malang

7 Cara Mudah Cegah Alzheimer

Alzheimer termasuk penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat karena bisa membuatnya kehilangan memori dan pikiran. Tapi ada langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Alzheimer merupakan bentuk paling umum dari demensia. Walaupun gen sangat mempengaruhi kondisi Alzheimer, tapi peneliti percaya ada faktor lain yang bisa mempengaruhi seperti nutrisi, pendidikan, diabetes serta aktiviats mental dan fisik. Berikut 7 Cara Mudah Cegah Alzheimer, yaitu :

1. Memeriksa Pergelangan Kaki
Aliran darah yang rendah ke kaki adalah salah satu petunjuk adanya masalah dalam otak, karena arteri yang tersumbat dan gangguan aliran darah memicu aterosklerosis pada pembuluh darah di otak. Mintalah dokter melakukan tes ankle-brachial index (ABI) dengan menggunakan USG dan alat pengukur tekanan darah untuk membandingkan tekanan darah di pergelangan kaki dengan lengan.

2. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan
Makanan dengan antioksidan bisa memperlambat penurunan daya ingat dan mencegah Alzheimer, semua buah dan sayur sangat baik, tapi ada buah yang lebih baik seperti raspberry hitam, kismis dan blueberry.

3. Waspadai Lemak Jahat
Jenis lemak yang dimakan memicu perubahan fungsi otak ke arah lebih baik atau lebih buruk. Untuk itu jauhi lemak jenuh karena bisa mencekik sel-sel otak yang membuatnya jadi tidak efisien dan kurangi makanan yang digoreng.

4. Merangsang Otak Untuk Lebih Besar
Otak mulai menyusut ketika usia 30-40 tahun. Namun ilmuwan percaya seseorang bisa meningkatkan ukuran otaknya melalui belajar. Cobalah mempelajari hal-hal baru, memperluas koneksi teman sebagai stimulasi, membaca buku, mencari informasi baru di internet atau membeli permainan yang bisa merangsang otak.

5. Manjakan Diri Dengan Cokelat
Kakao yang menjadi bahan utama cokelat memiliki konsentrasi antioksidan flavanols yang tinggi yang bisa menguatkan jantung dan melindungi otak. Konsumsi kakao bubuk yang diseduh bisa meningkatkan aliran darah ke otak, karena kakao bubuk punya flavanol 2 kali lebih banyak dari dark cokelat.

6. Meningkatkan Kolesterol Baik
Kolesterol baik atau HDLtidak hanya melindungi dari penyakit jantung, tapi juga menyelamatkan otak. Peneliti mengklaim kolesterol baik ini bertindak sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi kerusakan otak. Cara meningkatkannya termasuk olahraga dan menurunkan berat badan.

7. Ketahui Gen ApoE4
Ada satu gen yang bisa membuat orang lebih rentan mengembangkan Alzheimer yaitu gen apolipoprotein E4 (ApoE4). Jika mewarisi varian tunggal ApoE4 dari salah satu orangtua maka risikonya 3 kali lipat lebih besar, tapi jika mewarisi dari kedua orangtua maka risikonya meningkat 10 kali lipat.

0 komentar:

Artikel Terkait

ninja baloon

 
Predator_Malang
[ PREDATOR ] [ MALANG ]